Evaluasi Pengembangan Koleksi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18

Farah Sahara, 190503030 (2024) Evaluasi Pengembangan Koleksi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Pengembangan Koleksi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18] Text (Evaluasi Pengembangan Koleksi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18)
FarahSahara_190503030 (2024).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Evaluasi Pengembangan Koleksi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18] Text (Evaluasi Pengembangan Koleksi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18)
FarahSahara_190503030 (2024) Cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Pengembangan Koleksi Berdasarkan Standar IFLA Guidelines for Library Services to Children Aged 0-18”. Fokus penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana koleksi anak yang tersedia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh sesuai dengan standar IFLA Guidelines for Library Services to Children Aged 0-18 yang meliputi aspek keberagaman, relevansi dan kualitas materi. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah menerapkan kebijakan pengembangan koleksi tertulis dengan menyediakan koleksi anak dalam berbagai jenis dan subjek. Koleksi tersebut juga mendukung pendidikan sekolah anak. Dari 11 komponen manajemen dan pengembangan koleksi menurut standar IFLA, 8 diantaranya telah memenuhi standar IFLA, sementara 3 komponen belum tersedia di ruang layanan anak. Ketiga komponen yang belum tersedia tersebut adalah: koleksi DVD untuk pemustaka berkebutuhan khusus dan koleksi braille, perangkat elektronik seperti tablet atau PC untuk belajar anak, serta kegiatan edukasi literasi digital untuk anak dan orang tua.
Kata Kunci: Pengembangan koleksi, IFLA Guidelines for Library Services to Children Aged 0-18

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.2 Akuisisi dan Pengembangan Koleksi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Farah Sahara
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:23
Last Modified: 22 Jul 2025 08:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46459

Actions (login required)

View Item
View Item