Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 4

Rismayanti, 210209111 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 4. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay  Two Stray Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 4] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 4)
2 REVISI SETELAH SIDANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay  Two Stray Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 4] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 4)
2 REVISI SETELAH SIDANG - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pada proses pelaksanaan pembelajaran IPAS kelas IV MIN 4 Aceh Besar masih sering dilakukan secara konvensional yang lebih menekankan pada peran guru. Siswa terlihat tidak antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, siswa kurang berpartisipasi, tidak bersemangat saat pembelajaran, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang belum mencapai (KKTP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Two Stay Two Stray. Video pembelajaran adalah sarana penyampaian informasi berupa audio visual dengan tujuan membantu atau menunjang terlaksananya proses pembelajaran yang menjadikan anak lebih aktif dalam mencari atau menggali informasi dan pembelajaran Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV MIN 4 Aceh Besar berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi guru dan observasi siswa, dan soal tes dengan menggunakan analisis rumus persentase dan rata-rata. Hasil penelitian terhadap observasi guru pada siklus I memperoleh presentase 63,63% kategori cukup, siklus II 94,54% kategori baik sekali baik, pada aktivitas siswa siklus I presentase yang diperoleh 60% kategori cukup, siklus II 85,45% kategori baik sekali. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I nilai persentase ketuntasan klasikal memperoleh 60%, siklus II 84%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, serta hasil belajar siswa kelas IV MIN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rismayanti Rismayanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:35
Last Modified: 23 Jul 2025 07:35
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46510

Actions (login required)

View Item
View Item