Efektivitas Aplikasi Gizi Gen dalam Pembelajaran Mata Kuliah Gizi dan Kesehatan

Siti Namira Azani, 210207049 (2025) Efektivitas Aplikasi Gizi Gen dalam Pembelajaran Mata Kuliah Gizi dan Kesehatan. Efektivitas Aplikasi Gizi Gen dalam Pembelajaran Mata Kuliah Gizi dan Kesehatan, 5 (1): 3. pp. 25-43. ISSN 2723-7303

[thumbnail of Membahas tentang Efektivitas Aplikasi gizi gen dalam pembelajaran mata kuliah gizi dan kesehatan] Text (Membahas tentang Efektivitas Aplikasi gizi gen dalam pembelajaran mata kuliah gizi dan kesehatan)
ARTIKEL, SITI NAMIRA AZANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Website melalui aplikasi Gizi Gen dalam mendukung pembelajaran mata kuliah Gizi dan Kesehatan di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap materi gizi akibat keterbatasan media pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain One Group PretestPosttest. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel terdiri dari 29 mahasiswa yang diberikan perlakuan berupa penggunaan aplikasi Gizi Gen. Data dikumpulkan melalui tes (pre-test dan post-test), observasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, homogenitas, one sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Gizi Gen efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan nilai N-gain rata-rata 0,70 masuk dalam kategori “tinggi” dan effect size 0,90 menunjukkan bahwa aplikasi Gizi Gen berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta termasuk dalam kategori “efektif”. Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test (p = 0,001), maka H₀ ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Respons mahasiswa sangat positif dengan rata-rata 86,44%, masuk dalam katagoti “sangat menarik”. Selain itu, tanggapan mahasiswa terhadap aplikasi menunjukkan bahwa Gizi Gen dianggap efektif, menarik, dan memudahkan proses belajar mandiri. Penggunaan aplikasi ini juga terbukti meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Website melalui aplikasi Gizi Gen efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar mahasiswa pada mata kuliah Gizi dan Kesehatan.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Namira Azani
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:01
Last Modified: 23 Jul 2025 08:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46514

Actions (login required)

View Item
View Item