Pengembangan Media Pemetaan Semantik (Semantic Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Sebagai Pertumbuhan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa di MTsS Nurul Falah Meulaboh

Andika Putra, 200705024 (2024) Pengembangan Media Pemetaan Semantik (Semantic Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Sebagai Pertumbuhan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa di MTsS Nurul Falah Meulaboh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of تطوير رسم الخرائط الدلالية (Semantic Mapping) في تنمية فهم المفردات لترقية مهارة الكلام على الطلبة في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الفلاح مولابوه MTsS Nurul Falah] Text (تطوير رسم الخرائط الدلالية (Semantic Mapping) في تنمية فهم المفردات لترقية مهارة الكلام على الطلبة في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الفلاح مولابوه MTsS Nurul Falah)
Tesis Andika Putra B5 lengkap watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Tesis Andika Putra B5 lengkap watermark.pdf] Text
Tesis Andika Putra B5 lengkap watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of تطوير رسم الخرائط الدلالية (Semantic Mapping) في تنمية فهم المفردات لترقية مهارة الكلام على الطلبة في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الفلاح مولابوه MTsS Nurul Falah] Text (تطوير رسم الخرائط الدلالية (Semantic Mapping) في تنمية فهم المفردات لترقية مهارة الكلام على الطلبة في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الفلاح مولابوه MTsS Nurul Falah)
Tesis Andika Putra bab 1 watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis Andika Putra bab 1 watermark.pdf] Text
Tesis Andika Putra bab 1 watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini berfokus pada rendahnya tingkat pemahaman kosakata bahasa Arab di kalangan siswa, yang mengakibatkan kesulitan dalam menggunakannya untuk berkomunikasi, terutama dalam berbicara. Tantangan ini sebagian disebabkan oleh metode penyampaian materi pembelajaran yang bergantung pada aturan tata bahasa dan terjemahan, seperti yang dijelaskan dalam buku "Ma’ hadi" yang digunakan di sekolah. Buku tersebut menyiapkan kosakata bahasa Arab dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, sehingga mendorong siswa untuk bergantung pada bahasa ibu mereka. Namun, terjemahan eksklusif ini tidak meningkatkan kemampuan siswa untuk menggunakan kosakata secara efektif dalam percakapan sehari-hari atau meningkatkan keterampilan berbicara mereka dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini memerlukan penerapan metode yang berfokus pada media pengajaran baru dan efektif yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab secara keseluruhan di MTsS Nurul Falah Meulaboh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan efektivitas penggunaan peta semantik dalam meningkatkan pemahaman kosakata untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTsS Nurul Falah Meulaboh. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE dengan menerapkan metode pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Setelah menyelesaikan langkah-langkah penelitian dan pengembangan, hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman kosakata siswa pada setiap tahap model. Pada tahap analisis, diidentifikasi kesenjangan dan area yang perlu diperbaiki, serta menjelaskan hubungan antara kata-kata dan makna yang berbeda untuk diterapkan dalam percakapan seharihari. Pada tahap desain, disiapkan serangkaian alat dan sumber daya untuk mencapai komunikasi visual yang efektif, termasuk penggunaan peta semantik untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa serta pemahaman kosakata. Pada tahap pengembangan, metode tata bahasa dan terjemahan digunakan untuk meningkatkan komunikasi dan pemahaman kosakata, serta memperkenalkan peta semantik sebagai alat pengajaran. Pada tahap implementasi, dikonfirmasi dampak metode tata bahasa dan terjemahan terhadap pemahaman kosakata dan interaksi yang efektif, yang berkontribusi pada pencapaian hasil nyata (T = 0,511) yang lebih tinggi dari nilai kritis (0,329). Akhirnya, pada tahap evaluasi, kualitas pengajaran ditingkatkan serta interaksi dan pemahaman mendalam tentang kosakata secara efektif, yang menyoroti efektivitas dan keberhasilan model ADDIE dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Andika Putra
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:02
Last Modified: 23 Jul 2025 09:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46525

Actions (login required)

View Item
View Item