Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Flipped Classroom

Wafiq Munarsih, 210205031 (2025) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Flipped Classroom. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14 (1): 11. pp. 123-134. ISSN p-ISSN: 2301-5314 e-ISSN: 2615-7926

[thumbnail of Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model flipped  classroom] Text (Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model flipped classroom)
Artikel Wafiq Munarsih.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis ialah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk menunjang kemampuan-kemampuan yang lain seperti kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan representasi dan kemampuan koneksi matematika. Berdasarkan hasil observasi awal siswa SMPN 1 Blangpidie menunjukkan bahwa kelas VII masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang efektif. Salah satu pendekatan yang dipandang potensial untuk meningkatkan pemahaman konsep adalah model flipped classroom, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri sebelum pertemuan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan melalui model flipped classroom dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group. Seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Blangpidie dijadikan sebagai populasi dalam peneltian ini. Teknik random sampling digunakan dalam pemilihan sampel, sehingga ditetapkan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest dan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan Independent Sample t-test. Instrumen soal tersebut terlebih dahulu dianalisis untuk memastikan kualitasnya, yaitu melalui uji validitas. Uji validitas dilakukan dengan mengkaji keterkaitan antara butir soal dengan indikator pemahaman konsep matematis. Adapun hasil dari penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan model flipped classroom lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Kemampuan Pemahaman Konsep, Konvensional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wafiq Munarsih
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:39
Last Modified: 24 Jul 2025 04:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46537

Actions (login required)

View Item
View Item