Dampak Pola Asuh dalam Penggunaan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Aceh Besar

Chairunniswati, 200201093 (2025) Dampak Pola Asuh dalam Penggunaan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak  Pola  Asuh  dalam Penggunaan  Internet terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Aceh Besar] Text (Dampak Pola Asuh dalam Penggunaan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Aceh Besar)
Chairunniswati, 200201093, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Dampak  Pola  Asuh  dalam Penggunaan  Internet terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Aceh Besar] Text (Dampak Pola Asuh dalam Penggunaan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Aceh Besar)
Chairunniswati, 200201093, FTK, PAI - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Keberadaan internet memberi akses kepada para siswa dalam menjangkau beragam informasi pendidikan. Namun, penggunaan internet tentu harus diawasi, dilakukan pengendalian dengan adanya pola asuh dari guru agar berdampak positif bagi hasil belajar siswa. Untuk itu, penelitian ini dilaksanakan terkait dampak pola asuh dalam penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa di MAN 4 Aceh Besar. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini ialah bagaimana pola asuh guru PAI dalam penggunaan internet di MAN 4 Aceh Besar? Dan bagaimana dampak pola asuh guru PAI atas penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa di MAN 4 Aceh Besar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sifat analisis penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh Guru PAI di dalam penggunaan internet bagi siswa MAN 4 Aceh Besar adalah berbentuk kontrol atau pengawasan ketat, yang dilaksanakan ke dalam dua kondisi. Pertama, pengasuhan dengan pola pengawasan di kelas, prosesnya ialah para siswa diizinkan mengakses internet menggunakan HP, laptop ataupun di lab komputer hanya mengakses materi ajar PAI, untuk memastikannya melalui pengawasan dari guru. Kedua, Pengasuhan dengan pola kontrol di ruang kelas, prosesnya di sini ialah guru PAI hanya memberi arahan kepada siswa untuk menggunakan internet secara bijak. Pola asuh ini direalisasikan dalam pola asuh otoriter dan demokratis. Dampak pola asuh Guru PAI dalam penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa di kelas sangat positif, ditandai dengan kondisi ruang kelas yang aktif, pemahaman siswa terkait materi ajar PAI sangat efektif, seperti siswa memahami materi ajar PAI, tidak terbatas pada materi yang ada dalam buku paket, siswa mengeksplorasi, berusaha menjelaskan hasil pengetahuan di internet, menjawab soal ujian maupun pertanyaan guru PAI di kelas. Hasil belajar siswa juga tampak dalam hal kemampuan siswa dalam bertanya dan mengkomparasikan membandingkan apa yang disampaikan oleh guru dengan apa yang diperoleh di internet. Untuk itu, dapat dikemukakan bahwa dampak pola asuh Guru PAI dalam penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa sangat positif dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chairunniswati Chairunniswati
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:20
Last Modified: 24 Jul 2025 07:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46556

Actions (login required)

View Item
View Item