Nurul Kausari, 210213027 (2025) Pengembangan Media Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Perencanaan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konseling Pendidikan (JKP), 9 (1). pp. 32-43. ISSN 2549-841x
artikel Nurul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis PowerPoint interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung perencanaan karier siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengembangan media ini muncul karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman di kalangan siswa mengenai jalur karier yang sesuai dengan minat, bakat, dan kepribadian mereka. Proses pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah. Para subjek dalam penelitian ini mencakup ahli materi, ahli media, serta siswa dan guru yang akan menggunakan media tersebut. Alat penelitian terdiri dari lembar validasi dan kuesioner untuk mengevaluasi kelayakan berdasarkan aspek isi, penyajian, bahasa, visual, serta interaktivitas. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini berada pada kategori “sangat layak”, dengan persentase 87,78% dari ahli materi, 93,57% dari ahli media, dan 96,76% dari pengguna. Media ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang perencanaan karier secara sistematis dan dalam konteks yang relevan, serta mampu digunakan dalam layanan bimbingan maupun secara mandiri.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Karier PowerPoint Interaktif, Media Pembelajaran |
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Nurul Kausari |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:51 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 03:51 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46560 |
