Tsaqifur Rihan, 210201089 (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Ibadah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Insan Madani Kec. Susoh Kab. Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Skripsi Tsaqifur Rihan (210201089).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Pada zaman sekarang ini fenomena kemorosotan moral di kalangan generasi muda menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan, khususnya pada era digital dan globalisasi saat ini, sehingga dibutuhkan bimbingan yang kuat dalam aspek spiritual dan moral. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter peserta didik melalui penanaman nilai-nilai keislaman yang menyentuh ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Salah satu upaya penting adalah melalui internalisasi nilai-nilai ibadah atau berfokus pada proses internalisasi nilai ibadah dalam mata pelajaran PAI, khususnya dalam materi “Menghadirkan Shalat dalam Kehidupan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana konsep internalisasi nilai ibadah pada materi “Menghadirkan Shalat dalam Kehidupan” dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPIT Insan Madani Kec. Susoh Kab. Aceh Barat Daya. (2) Bagaimana langkah-langkah internalisasi nilai ibadah pada materi “Menghadirkan Shalat dalam Kehidupan” dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPIT Insan Madani Kec. Susoh Kab. Aceh Barat Daya. (3) Bagaimana hasil dari internalisasi nilai ibadah pada materi “Menghadirkan Shalat dalam Kehidupan” dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPIT Insan Madani Kec. Susoh Kab. Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan subjek utama guru PAI, kepala sekolah, dan peserta didik di SMPIT Insan Madani Kec. Susoh Kab. Aceh Barat Daya. Data dianalisis melalui tiga tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai ibadah di SMPIT Insan Madani Susoh-Abdya dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan melalui berbagai kegiatan terstruktur, yaitu kegiatan keagamaan yang diadakan harian, kegiatan mingguan serta kegiatan tahunan, semuanya menjadi bagian dari proses pembiasaan nilai-nilai ibadah. Proses internalisasi nilai ibadah yang dilakukan di SMPIT Insan Madani Susoh-Abdya memberikan dampak positif dan terbukti efektif dalam membina kesadaran beragama, meningkatkan kedisiplinan, serta menumbuhkan karakter Islami peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Tsaqifur Rihan |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:48 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:52 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46612 |
