Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Internalisasi Nilai Keislaman Pada Materi Laju Reaksi Di MA Zainatul Ulum Kabupaten Aceh Barat

Nida Ulya Mustika, 210208006 (2025) Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Internalisasi Nilai Keislaman Pada Materi Laju Reaksi Di MA Zainatul Ulum Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Internalisasi Nilai Keislaman] Text (Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Internalisasi Nilai Keislaman)
Skripsi Nida Ulya Mustika Revisi Sidang Format Baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Internalisasi Nilai Keislaman] Text (Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Internalisasi Nilai Keislaman)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan modul kimia Arab Jawi dengan internalisasi nilai keislaman pada materi laju reaksi dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar, dan modul ajar yang tersedia disekolah tersebut hanya dalam bentuk aksara Indonesia saja, selain itu dapat bernilai positif sebagai salah satu langkah mempertahankan budaya Nusantara dengan peserta didik yang tidak asing dengan Arab Jawi. Internalisasi nilai keislaman dalam pengembangan modul kimia Arab Jawi ini berkaitan dengan mendukung visi misi Dayah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui validitas modul kimia Arab Jawi dengan internalisasi nilai keislaman pada materi laju reaksi di MA Zainatul Ulum Kabupaten Aceh Barat (2) Mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan modul kimia Arab Jawi dengan internalisasi nilai keislaman pada materi laju reaksi di MA Zainatul Ulum Kabupaten Aceh Barat. Rancangan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Desseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di yang sudah mempelajari materi laju reaksi yang berjumlah 46 orang dan 2 orang guru di MA Zainatul Ulum. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, lembar validasi tim ahli, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data hasil wawancara, analisis lembar validasi, analisis angket respon guru dan peserta didik. Hasil validasi yang diperoleh dari ketiga validator sebesar 94,8% dengan kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik diperoleh persentase 92,50% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon guru diperoleh persentase 89,95% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul kimia Arab Jawi dengan internalisasi nilai keislaman pada materi laju reaksi sangat valid dan mendapat respon sangat baik dari guru dan sangat menarik dari peserta didik di MA Zainatul Ulum Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nida Ulya Mustika
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:01
Last Modified: 28 Jul 2025 08:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46650

Actions (login required)

View Item
View Item