Strategi Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Pulau Siumat Dan Pulau Teupah Di Kabupaten Simeulue

Lida Darnisa, 210802025 (2025) Strategi Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Pulau Siumat Dan Pulau Teupah Di Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Strategi  pendidikan,  kualitas  pendidikan,  daerah  kepulauan, kebijakan pendidikan] Text (Strategi pendidikan, kualitas pendidikan, daerah kepulauan, kebijakan pendidikan)
Lida Darnisa, 210802025, FISIP, IAN, 082276025991.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Strategi  pendidikan,  kualitas  pendidikan,  daerah  kepulauan, kebijakan pendidikan] Text (Strategi pendidikan, kualitas pendidikan, daerah kepulauan, kebijakan pendidikan)
Lida Darnisa, 210802025, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Strategi Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pulau Siumat dan Pulau Teupah, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Sedangkan rumusan masalah 1) Bagaimana strategi Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Simeulue 2) Apa saja tantangan yang di hadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Kabupaten Simeulue. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan informan penelitian dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini membahas tentang strategi yang digunakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue untuk meningkatkan kualitas pendidikan Sekolah Satu Atap di Pulau Siumat dan di Pulau Teupah dengan mengacu pada Rencana Strategis Dinas pendidikan Kabupaten Simeulue. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan mencakup tiga indikator utama berdasarkan Teori Markides, yaitu: (1) target, berupa peningkatan kualitas guru yang di lakukan dengan program sekolah penggerak dan juga di berikan sosialisasi dan workhshop, pengembangan sarana-prasarana pada kedua pulau ini di lakukan dengan perbaikan ringan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah dan juga sarana dan prasarana yang di berikan oleh pemerintah, dan Dinas Pendidikan Simeulue juga melakukan penerapan kurikulum yang relevan pada Sekolah Satu Atap Pulau Siumat dan Pulau Teupah agar dapat memenuhi kurikulum standar nasional; (2) produk/kebijakan, seperti program pelatihan guru (sekolah penggerak) , pembangunan fasilitas sekolah, dan integrasi muatan lokal dalam kurikulum; serta (3) kegiatan, meliputi pelatihan guru, pembangunan infrastruktur, dan sosialisasi kurikulum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Lida Darnisa
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:25
Last Modified: 28 Jul 2025 07:25
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46651

Actions (login required)

View Item
View Item