Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Praktikum Sederhana Pada Materi Hidrokarbon Di Pesantren Terpadu Ruhul Amin Aceh

Rani Sartika, 210208008 (2025) Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Praktikum Sederhana Pada Materi Hidrokarbon Di Pesantren Terpadu Ruhul Amin Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Praktikum Sederhana Pada Materi Hidrokarbon Di Pesantren Terpadu Ruhul Amin Aceh] Text (Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Praktikum Sederhana Pada Materi Hidrokarbon Di Pesantren Terpadu Ruhul Amin Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Praktikum Sederhana Pada Materi Hidrokarbon Di Pesantren Terpadu Ruhul Amin Aceh] Text (Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Dengan Praktikum Sederhana Pada Materi Hidrokarbon Di Pesantren Terpadu Ruhul Amin Aceh)
SKRIPSI LENGKAP RANI SARTIKA SUDAH SIAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan modul kimia Arab Jawi dengan praktikum sederhana pada materi hidrokarbon dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber belajar di sekolah, seperti modul kimia yang menggunakan bahasa Indonesia atau Arab Jawi. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan pengembangan modul kimia arab jawi sebagai salah satu inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan produk serta respon peserta didik dan guru kimia terhadap modul kimia arab jawi yang dikembangkan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI IPA, dengan sampelnya sebanyak 20 orang santriwan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara yang terdiri dari wawancara guru kimia dan peserta didik, lembar validasi tim ahli yang dinilai oleh 3 validator, serta angket respon guru kimia dan peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis lembar wawancara, analisis lembar validasi tim ahli, analisis angket hasil respon guru kimia dan peserta didik. Hasil penelitian dari validasi tim ahli diperoleh skor sebesar 91,66 % yang dikategorikan “Sangat Valid”, sedangkan hasil respon guru kimia diperoleh 97,5 % yang dikategorikan “Sangat Baik”, dan hasil respon peserta didik diperoleh sebesar 95,33 % yang dikategorikan “Sangat Menarik”. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul kimia arab jawi dengan praktikum sederhana pada materi hidrokarbon sangat layak digunakan sebagai tambahan sumber belajar disekolah dan mendapat respon sangat baik dari guru kimia dan peserta didik di Pesantren terpadu Ruhul Amin Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 546 Kimia Anorganik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rani Sartika
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:18
Last Modified: 29 Jul 2025 08:18
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46666

Actions (login required)

View Item
View Item