Khairul Husna, 170205086 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
SKRIPSI KHAIRUL HUSNA TERBARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Kemampuan koneksi matematis masih tergolong rendah karena siswa kurang menguasai materi prasyarat serta kesulitan dalam menghubungkan dan menerapakan matematika dalam bidang lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimen. Pepulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN
14 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling, dan terpilih kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-II sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan koneksi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh 2,3 dan 1,7. Karena sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat selama proses pembelajaran pada kelas eksperimen bahwa siswa aktif baik dalam mencari permasalahan maupun mengembangkan pengetahuan mereka dalam menyelesaikan LKPD melalui masyarakat belajar sesuai dengan penekanan pada penerapan model pembelajaran ini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Khairul Husna |
| Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:40 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 02:40 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46689 |
