Kolaborasi Guru Dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireun

Wirdatul Ahya, 210503085 (2025) Kolaborasi Guru Dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireun. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Kolaborasi Guru Dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireun] Text (Kolaborasi Guru Dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireun)
SKRIPSI WIRDA REPOSITORY selasa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Kolaborasi Guru Dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireun] Text (Kolaborasi Guru Dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Bireun)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kolaborasi Guru dan Pengelola Perpustakaan Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Program Gemar Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bireun”. Rumusan masalah dalam dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kolaborasi guru dan pengelola perpustakaan keliling dalam upaya meningkatkan program gemar membaca pada siswa SD di Kabupaten Bireun dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kolaborasi guru dan pengelola perpustakaan keliling dalam upaya meningkatkan program gemar membaca pada siswa SD di Kabupaten Bireun. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari petugas perpustakaan keliling dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah bentuk kolaborasi antara guru dan pengelola perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi guru dan pengelola perpustakaan dalam upaya meningkatkan program gemar membaca siswa sekolah dasar di kabupaten bireun adalah melakukan diskusi rutin terkait kebutuhan koleksi bacaan, melibatkan guru ikut dalam berbagai kegiatan, dan sama-sama menjadikan perpustakaan keliling sebagai tempat berkarya sesuai bakat dan minat siswa. Faktor pendukung kolaborasi guru dan pengelola perpustakaan keliling dalam upaya meningkatkan program gemar membaca pada siswa SD di Kabupaten Bireun, ialah pola komunikasi yang baik antara guru dan pengelola perpustakaan keliling, program yang dijalankan sudah terencana dengan baik dan terintegrasi, dan adanya kesadaran akan peran masing-masing dalam meningkatkan minat baca siswa. Sedangkan faktor penghambat kolaborasi guru dan pengelola perpustakaan keliling dalam upaya meningkatkan program gemar membaca pada siswa SD di Kabupaten Bireun yaitu terbatasnya koleksi, keterbatasan waktu kunjungan dari pihak perpustakaan keliling, dan rendahnya minat baca sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Wirdatul Ahya
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:06
Last Modified: 29 Jul 2025 08:06
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46691

Actions (login required)

View Item
View Item