Tifalina Serucha J, 210205048 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Review) terhadap Literasi Matematika Siswa MTs. Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Review) terhadap Literasi Matematika Siswa MTs, 5 (3): 19. pp. 964-976. ISSN 6475
Jurnal Tifalina Serucha J (210205048).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (407kB)
Abstract
Abstrak: Rendahnya literasi matematika siswa dapat disebabkan oleh kurang optimalnya
penerapan model pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, pemilihan model pembelajaran
sangat berperan penting. Oleh sebab itu, pendidik harus memilih model pembelajaran yang
sesuai agar siswa dapat lebih mudah menangkap konsep-konsep matematika. Salah satu model pembelajaran alternatif yang dianggap efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi
matematika adalah model SQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat
perbedaan signifikan dalam kemampuan literasi matematika antara siswa yang menggunakan
model SQ4R dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di MTsN 2
Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-
experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan kelas VIII-1
sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui tes, dan analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,016 kurang dari 0,05, yang berarti
terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model
SQ4R lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika; Model SQ4R; Hasil Belajar
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
| Depositing User: | Tifalina Serucha J |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:17 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 08:17 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46808 |
