Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di MTsN 2 Banda Aceh

Mardhatillah Sipinte, 210207020 (2025) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengembangan media] Text (Membahas tentang pengembangan media)
Skripsi Mardhatillah Sipinte (210207020).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang pengembangan media] Text (Membahas tentang pengembangan media)
Cover-BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (939kB)

Abstract

Kendala yang terjadi di MTsN 2 Banda Aceh masih kurangnya penggunaan media khususnya dalam materi klasifikasi makhluk hidup. Hal ini berdampak pada rendahnya semangat dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebabnya guru cenderung menggunakan metode ceramah dan media konvensional, karena merasa kurang terampil dalam mengoperasikan media digital, serta keterbatasan waktu dalam merancang media baru Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media interaktif articulate storyline, untuk mendeskripsikan hasil respon siswa. Rancangan penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Allesi dan Trollip. Subjek dalam penelitian 35 siswa kelas VII di MTsN 2 Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah respon siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket respon siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar angket respon siswa. Analisis data respon siswa menggunakan rumus persentasi. Respon siswa terhadap media interaktif articulate storyline memperoleh hasil sebesar 86,10% dengan kategori sangat positif. Media interaktif berbasis articulate storyline sangat layak dan efektif digunakan sebagai solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mardhatillah Sipinte
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:03
Last Modified: 31 Jul 2025 09:03
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46812

Actions (login required)

View Item
View Item