Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar

Ermada Yanti Silvani, 210209079 (2025) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar] Text (Penerapan Pendendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar)
Skripsi Vani revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[thumbnail of Penerapan Pendendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar] Text (Penerapan Pendendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika untuk siswa kelas II SD Negeri tanjung Selamat melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dibantu video animasi, khusunya pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Permasalahan yang terjadi dikelas: Penjumlahan tanpa menyimpan nilai dan pengurangan tanpa meminjam, peletakan angka bersusun yang salah, serta kesulitan mengidentifikasi kalimat matematika dalam soal cerita. Kurangnya penggunaan media interaktif pada pembelajaran seperti video animasi dan berfokusnya pembelajaran pada buku panduan menjadikan siswa dikelas merasa jenuh sehinggga kelas menjadi tidak kondusif untuk belajar. Pendekatan pengajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga membosankan dan menurunkan motivasi belajar siswa yang berpengaruh pada hasil belajar, kemudian materi yang disampaikan guru tidak maksimal oleh karena itu pemilihan pendekatan diharapkan kontekstual dengan pengalaman siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 20 siswa. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 67,27% dan siswa 65%, serta hasil belajar 60%. Setelah intervensi video animasi dan penerapan RME pada siklus II, aktivitas guru meningkat menjadi 91,2%, aktivitas siswa 90,8% dan hasil belajar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME berbantuan video animasi efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ermada Yanti Silvani
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:38
Last Modified: 05 Aug 2025 07:44
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46846

Actions (login required)

View Item
View Item