Rahmi Fadia, 210206053 (2025) Penerapan Total Quality Management dalam Proses Belajar Mengajar di MAN 1 Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Rahmi Fadia, 210206053, FTK, MPI, 082213534702.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Rahmi Fadia, 210206053, FTK, MPI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pendidikan berkualitas menerapkan Total Quality Management (TQM) untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan berorientasi pada kepuasan siswa. MAN 1 Nagan Raya telah menunjukkan indikasi penerapan prinsip-prinsip TQM dalam berbagai program, namun masih terdapat beberapa aspek yang memerlukan penguatan seperti perlunya peningkatan partisipasi siswa dalam proses pendidikan dan sistem manajemen mutu yang lebih baik agar kualitas pembelajaran dapat terus ditingkatkan. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui prinsip Total Quality Management dalam proses belajar mengajar di MAN 1 Nagan Raya, (2) Untuk mengetahui peran guru dalam proses belajar mengajar melalui penerapan Total Quality Management di MAN 1 Nagan Raya, (3) Untuk mengetahui tantangan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar melalui penerapan Total Quality Management di MAN 1 Nagan Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala MAN 1 Nagan raya, Wakil kepala bidang kurikulum, dan 2 orang guru, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi prinsip-prinsip Total Quality Management di MAN 1 Nagan Raya telah berjalan secara efektif dalam proses belajar mengajar melalui penerapan empat prinsip utama TQM yaitu kepuasan pelanggan, rasa hormat terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan. (2) Peran guru sangat strategis dalam mendukung implementasi TQM didukung oleh pelatihan, bimbingan teknis, dan pemanfaatan teknologi yang memperkuat kapasitas guru. (3) Tantangan dalam penerapan TQM meliputi keterbatasan infrastruktur, rendahnya penguasaan teknologi, keberagaman karakteristik peserta didik, serta pengaruh faktor eksternal dari lingkungan sekitar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Rahmi Fadia |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:43 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 03:43 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46851 |
