Penerapan Teknik Story Telling Melalui Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MTsN 1 Banda Aceh

Cut Haura Zahira, 210213015 (2025) Penerapan Teknik Story Telling Melalui Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MTsN 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Teknik Story Telling Melalui Konseling Kelompok Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa] Text (Teknik Story Telling Melalui Konseling Kelompok Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa)
Cut Haura Zahira, 210213015, FTK, BK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Teknik Story Telling Melalui Konseling Kelompok Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa] Text (Teknik Story Telling Melalui Konseling Kelompok Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa)
COVER - BAB 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya, yang tercermin dari keberanian dalam menyampaikan pendapat, membuat keputusan, bertanggung jawab atas tindakannya, serta kemampuan berinteraksi dengan orang lain secara mudah. Siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah mengalami hambatan dalam mengemukakan pendapat, berpartisipasi secara aktif, dan menghadapi tantangan baik dalam aspek akademik maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik story telling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test posttest. Penelitian ini melibatkan 78 siswa sebagai populasi, dan 8 siswa sebagai sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner kepercayaan diri menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test, menghasilkan skor rata-rata pre-test sebesar 104.00, post-test sebesar 163,75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Diperkuat dengan temuan hasil analisis uji N-Gain, bahwa nilai rata-rata N-Gain adalah 0,65 termasuk dalam kategori sedang yang berarti konseling kelompok menggunakan teknik story telling cukup efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MTsN 1 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Cut Haura Zahira
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:59
Last Modified: 05 Aug 2025 08:59
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46876

Actions (login required)

View Item
View Item