Muhammad Devri Siregar, 210213040 (2025) Penggunaan Teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT)Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Baitussalam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI HASIL REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
SKRIPSI HASIL REVISI - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterampilan sosial siswa di SMP 1 Baitussalam. Keterampilan sosial merupakan kecakapan dalam membangun hubungan yang harmonis dan memuaskan dengan orang lain, menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, serta menyelesaikan persoalan sosial yang muncul. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IX SMP Negeri 1 Baitussalam melalui penggunaan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) yang diimplementasikan dalam layanan bimbingan kelompok. Secara teoritis, Cognitive Behavioral Therapy (CBT) menawarkan pendekatan yang terstruktur untuk mengidentifikasi dan memodifikasi pola pikir dan perilaku maladaptif, yang relevan untuk mengembangkan keterampilan sosial. Berdasarkan latar belakang masalah sebelumnya adalah apakah penggunaan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) melalui layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Baitussalam. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. UjiNormalitas menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen (Sig. = 0,395) dan kelompok kontrol (Sig. = 0,718) terdistribusi normal (karena nilai Sig. > 0,05) hasil uji homogenitas Levene menunjukkan nilai signifikansi 0,083. Karena nilai ini lebih besar dari α=0,05, dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelompok adalah homogen Meskipun terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol, uji T independen (14) = -1,374, p = 0,191) dan. Kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata N-Gain persen yang jauh lebih tinggi (27.9830) dibandingkan dengan kelompok kontrol (2.5156), mengindikasikan bahwa intervensi eksperimental kemungkinan besar efektif dalam meningkatkan N-Gain persen. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam bimbingan kelompok efektif meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas IX SMP N 1 Baitussalam, Aceh Besar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Cognitive Behavioral Therapy, Bimbingan Kelompok, Keterampilan Sosial |
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Devri Siregar |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:41 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 08:41 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46882 |
