Baidhatun Aini, 190503092 (2025) Evaluasi Program Literasi Anak di TBM (Taman Baca Masyarakat) Kahfis. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Evaluasi Program Literasi Anak di TBM (Taman Baca Masyarakat) Kahfis]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Baidhatun Aini, 190503092 Adab Dan Humaniora (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Evaluasi Program Literasi Anak di TBM (Taman Baca Masyarakat) Kahfis]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Baidhatun Aini, 190503092 Adab Dan Humaniora (2025) Cover- bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Evaluasi program literasi anak di TBM (Taman Baca Masyarakat) Kahfis”. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program literasi anak di Taman Baca Masyarakat Kahfis dalam meningkatkan kemampuan literasi anak dengan menggunakan program public speaking. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product), dalam model ini penulis membagi empat pelaksanaan program public speaking dalam empat point: (1) Context yang meliputi perencanaan, tujuan dan target program, (2) input meliputi sumber daya, sarana dan anggaran yang dibutuhkan program public speaking, (3) process meliputi perencanaan program, pelaksanaan program public speaking, dan kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan program, (4) product yang meliputi sejauh mana program berhasil mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Dari hasil penelitian di TBM (Taman Baca Masyarakat) Kahfis terkait program public speaking menunjukkan bahwa dari 4 komponen sebagai berikut: pada komponen context kegiatan program public speaking yang diadakan oleh Pembina TBM Kahfis sudah berjalan sesuai dengan tujuan. Input, kebutuhan sumber daya yang terdapat di TBM Kahfis masih memiliki kekurangan pada ruangan khusus program public speaking, dan kurangnya tingkat emosional pada mentor pada saat pelaksanaan program public speaking. Process, aktivitas pada pelaksanaan program public speaking belum tercapai secara keseluruhannya. Product, menunjukkan bahwa program public speaking belum sepenuhnya maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa beberapa hal perlu perbaikan dan dilengkapi demi tercapainya tujuan dilaksanakan program tersebut
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Baidhatun Aini |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:03 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46894 |