Penerapan Metode Sentence Building Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Menulis Di MIN 1 Gayo Lues

Salfi Erlina, 210202224 (2025) Penerapan Metode Sentence Building Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Menulis Di MIN 1 Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Sentence Building Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Menulis Di MIN 1 Gayo Lues] Text (Penerapan Metode Sentence Building Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Menulis Di MIN 1 Gayo Lues)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Sentence Building Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Menulis Di MIN 1 Gayo Lues] Text (Penerapan Metode Sentence Building Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Keterampilan Menulis Di MIN 1 Gayo Lues)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan menulis di MIN 1 Gayo Lues Bab Empat (C) adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menulis bahasa Arab karena guru tidak menggunakan metode pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan Sentence Building Games dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa dan respon siswa terhadap penerapan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Design dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test, post-test dan angket. Hasil yang diperoleh peneliti adalah bahwa penerapan Sentence Building Games efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t (Paired Sample T-Test) pada taraf signifikansi 0,000 sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran menulis dengan metode ini adalah positif, hal ini dibuktikan dengan hasil respon positif sebesar 86,2% dengan penilaian “baik sekali” lebih banyak dibandingkan dengan respon negatif sebesar 13,7% dengan penilaian “cukup”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Salfi Erlina
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:20
Last Modified: 06 Aug 2025 02:20
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46930

Actions (login required)

View Item
View Item