Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Tebing Tinggi Sumatera Utara

Uci Rahayu, 210201108 (2025) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Tebing Tinggi Sumatera Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam] Text (Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam)
SKRIPSI UCI RAHAYUU (REVISI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam] Text (Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam yang berlandaskan Al Qur’an dan Hadis yang bersifat rasional, historis, dan otentik berhasil jika mampu menciptakan perubahan nyata dalam perilaku serta peningkatan prestasi akademik peserta didik. Peran keluarga sebagai lingkungan pertama, khususnya orang tua melalui pola asuh positif seperti pola asuh demokratis, menjadi kunci dalam membentuk konsep diri sehat, kedisiplinan, motivasi belajar, dan integrasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 401 orang, dengan sampel yang diambil menggunakan teknik proportional stratified random sampling yaitu sebanyak 40 orang. Hasil analisis ini menegaskan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh positif, kuat, dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Setiap peningkatan skor pola asuh akan berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di SMPN 1 Tebing Tinggi Sumatera Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uci Rahayu
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:21
Last Modified: 06 Aug 2025 07:21
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46976

Actions (login required)

View Item
View Item