Kompetensi Profesional Mahasiswa Micro Teaching Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Tahun Ajaran 2016/2017

Ardiman Syah, 281223207 (2018) Kompetensi Profesional Mahasiswa Micro Teaching Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kompetensi Profesional Mahasiswa Micro Teaching]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Profesional Mahasiswa Micro Teaching)
Ardimansyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan selaku lembaga pendidikan mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh mata kuliah Micro teaching dalam mewujudkan calon guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengikuti mata kuliah micro teaching dalam aspek penguasaan materi, menguasai materi secara kreatif, kemampuan mengelola kelas, kemampuan menggunakan waktu secara tepat dan menjalankan misi profesional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016-Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa mahasiswa micro teaching Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry yang terdiri 10 unit kelas dengan total 125 mahasiswa, sedangkan sampel diambil secara acak (Random Sampling) sebanyak 2 orang mahasiswa per unit dengan jumlah keseluruhan 20 mahasiswa. Pengumpulan data berlangsung dengan menggunakan lembar obsevasi dan lembar wawancara serta wawancara dengan mahasiswa micro teaching. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi profesional mahasiswa micro teaching tergolong dalam kriteria baik dengan persentase penguasaan materi (69%), pengembangan materi (66%), pengelolaan kelas (67 %), dan penggunaan waktu secara tepat (68%). Sedangkan untuk penguasaan IPTEK, evaluasi hasil belajar, pemahaman kelembagaan sekolah, wawasan penelitian, aspek bahan ajar, administrasi sekolah, dan kurikulum, mahasiswa sudah menguasai dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kemempuan kopetensi profesional mahasiswa micro teaching tergolong dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Samsul Kamal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Micro Teaching, Mahasiswa PBL UIN Ar-Raniry, Profesional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ardiman Syah
Date Deposited: 10 Sep 2018 05:12
Last Modified: 10 Sep 2018 05:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item
View Item