Pengembangan Metode Pembelajaran Nahwu dengan SDS (Search, Discussion, Share) Berdasarkan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Aktif di Ma’had Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah

Fadhlur Rahman, 231004013 (2025) Pengembangan Metode Pembelajaran Nahwu dengan SDS (Search, Discussion, Share) Berdasarkan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Aktif di Ma’had Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Bahasa Arab] Text (Pembelajaran Bahasa Arab)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Pembelajaran Bahasa Arab] Text (Pembelajaran Bahasa Arab)
TESIS_FADHLUR RAHMAN_231004013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik di Dayah Ma’had Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah dalam mengaplikasikan materi nahwu. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang terlalu berpusat pada guru menyebabkan minimnya keterlibatan aktif peserta didik, sehingga mereka kurang memiliki kesempatan untuk menerapkan materi secara optimal. Sebagai respons terhadap permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan metode SDS (Search, Discussion, Share) yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran aktif dan kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan metode SDS, menilai kelayakannya berdasarkan pendapat para ahli, serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan nahwu peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas satu yang terbagi menjadi dua kelompok: kelompok kecil (10 siswi) dan kelompok besar (20 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SDS memperoleh penilaian “sangat baik” dari para ahli, yaitu 92,5% dari ahli pertama, dan 100% dari ahli kedua serta ahli ketiga. Uji efektivitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 untuk kelompok kecil dan 0,009 untuk kelompok besar, yang keduanya berada di bawah batas signifikansi 0,05. Dengan demikian, metode SDS terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadhlur Rahman
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:00
Last Modified: 06 Aug 2025 08:00
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46993

Actions (login required)

View Item
View Item