Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi Fikih Muamalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMAN 2 Meulaboh

Angga Gunawan, 210201063 (2025) Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi Fikih Muamalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMAN 2 Meulaboh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Fikih Muamalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMAN 2 Meulaboh] Text (Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Fikih Muamalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMAN 2 Meulaboh)
SKRIPSI ANGGA GUNAWAN (210201063) (1) (1) (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Fikih Muamalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMAN 2 Meulaboh] Text (Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Fikih Muamalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMAN 2 Meulaboh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh model Discovery Learning pada materi Fikih Muamalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS di SMAN 2 Meulaboh. Pendidikan Agama bertujuan membentuk manusia agamis melalui penanaman aqidah, amaliah, dan akhlak terpuji. Rumusan masalah adalah apakah terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning dibanding model konvensional. Tujuan Penelitian: Mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Discovery Learning dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Discovery Learning dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional, masing-masing 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui posttest menggunakan soal cos dengan jumlah 20 soal yang sama untuk kedua kelas. Hasil pengolahan data menunjukkan rata-rata nilai indikator pada kelas eksperimen sebesar 75 dan kelas kontrol 68. Uji t menghasilkan thitung =20,96 dan ttabel =1,67 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua model pembelajaran tersebut. Kesimpulannya, model Discovery Learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Angga Gunawan
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:20
Last Modified: 06 Aug 2025 09:20
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47014

Actions (login required)

View Item
View Item