Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Dara Pratiwi, 210205004 (2025) Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendekatan OPen-Ended] Text (Membahas tentang Pendekatan OPen-Ended)
Dara Pratiwi, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)
[thumbnail of Membahas tentang Pendekatan OPen-Ended] Text (Membahas tentang Pendekatan OPen-Ended)
Dara Pratiwi, FTK, PMA, Cover-BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan individu untuk menemukan solusi terhdap suatu masalah, dan keterampilan ini sangat penting bagi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Namun, data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan pendekatan Open-Ended. Pendekatan Open-Ended adalah salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahna masalah matematis antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Open-Ended dan mereka yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperiment Non-Equivalent Group. Untuk pengambilan sampel, digunakan Simple Random Sampling dari populasi siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh, dengan memilih dua kelas: X-2 sebagai kelas kontrol dan X-3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui asesmen awal dan akhir. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t_hitung=7,56> t_((1-α))=1,69 sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Open-Ended lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan melalui metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dara Pratiwi
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:54
Last Modified: 07 Aug 2025 07:54
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47072

Actions (login required)

View Item
View Item