Peningkatan Kinerja Guru Al-Qur’an Hadits Melalui Supervisi Klinis Kepala Mtsn 5 Aceh Timur

Nurma, 211003006 (2025) Peningkatan Kinerja Guru Al-Qur’an Hadits Melalui Supervisi Klinis Kepala Mtsn 5 Aceh Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of PENINGKATAN KINERJA GURU AL-QUR’AN HADITS  MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA  MTsN 5 ACEH TIMUR] Text (PENINGKATAN KINERJA GURU AL-QUR’AN HADITS MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA MTsN 5 ACEH TIMUR)
01. FULL TESIS KESELURUHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of PENINGKATAN KINERJA GURU AL-QUR’AN HADITS  MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA  MTsN 5 ACEH TIMUR] Text (PENINGKATAN KINERJA GURU AL-QUR’AN HADITS MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA MTsN 5 ACEH TIMUR)
02. COVER S.D BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Judul Tesis : Peningkatan Kinerja Guru Al-Qur’an Hadits melalui
Supervisi Klinis Kepala MTsN 5 Aceh Timur Nama Penulis/NIM : Nurma/211003006
Nama Pembimbing I : Dr. Azhar M. Nur, M.Pd Nama Pembimbing II : Dr. Sri Rahmi, MA
Kata Kunci : Guru Al-Qur’an Hadits, Supervisi Klinis, Kepala
Madrasah

Tesis ini berjudul “ Peningkatan Kinerja Guru Al-Qur’an Hadits melalui Supervisi Klinis Kepala MTsN 5 Aceh Timur.” Pendidik/Guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan. Oleh karena itu guru untuk melaksanakan tugas yang sangat penting itu wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Selain kualifikasi akademik dan kompetensi, kinerja guru juga sangat penting dalam proses pelaksanaan pendidikan. Supervisi klinis dilakukan untuk mengawasi, mengevaluasi, dan memperbaiki serta meningkatkan kinerja guru khususnya guru Al-Qur’an Hadits. Kepala madrasah memiliki tanggung jawab penuh untuk melakukan supervisi kepada guru-guru agar guru tersebut dapat memperbaiki kelemahannya dalam melaksanakan pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sehingga dengan demikian proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar, sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang telah ditentukan. Kepala madrasah sebagai supervisor harus mampu menyusun program perencanaan, melaksanakan program supervisi dan melakukan evaluasi serta memanfaatkan hasil evaluasi. Kegiatan supervisi klinis ini difokuskan kepada perbaikan dan peningkatan kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan serta menganalisis apakah melalui supervisi klinis kepala MTsN 5 Aceh Timur dapat meningkatkan kinerja guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan (field research). Pendekatan ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis dan intensif untuk memperoleh pengetahuan tentang peningkatan kinerja guru Al-Qur’an Hadits pada MTsN 5 Aceh Timur. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang akademik, dan 2 (dua) orang guru Al-Qur’an Hadits.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan telaah dokumen dengan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madarasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor telah menyusun program perencanaan supervisi klinis dengan baik dan benar, kepala madrasah juga telah melaksanakan supervisi klinis sesuai dengan program yang telah disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip, tujuan dan teknik supervisi, Adapun waktu pelaksanaan dan aspak yang disupervisi oleh kepala madrasah tergantung menurut kebutuhan guru Al-Qur’an Hadits itu sendiri. Adapun hasil dari pelaksanaan supervisi klinis kepala madrasah dapat dilihat dari meningkatnya keterampilan guru Al-Qur’an Hadits dalam menyusun program pembelajaran, melaksanakannya dan menilai proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurma Nurma
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:05
Last Modified: 08 Aug 2025 03:05
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47159

Actions (login required)

View Item
View Item