Efektivitas Konseling REBT Dalam Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh

Ulyatun Nisa, 210213058 (2025) Efektivitas Konseling REBT Dalam Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Konseling REBT Dalam Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh] Text (Efektivitas Konseling REBT Dalam Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh)
Ulyatun Nisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Efektivitas Konseling REBT Dalam Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh] Text (Efektivitas Konseling REBT Dalam Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh)
Ulyatun Nisa - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Upaya penyelesaian permasalahan kecemasan belajar siswa di MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh, bentuk layanan yang sudah diterapkan oleh guru Bimbingan Konseling belum cukup efektif untuk mereduksi kecemasan siswa dalam belajar disebabkan beragamnya gejala kecemasan yang dialami siswa, maka dibutuhkan model konseling yang efektif untuk mereduksikan tingkat kecemasan siswa, maka konseling kelompok dengan teknik Rational Emotif Behavior Therapy menjadi pilihan peneliti untuk membantu siswa mereduksi kecemasan belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) dalam mereduksi kecemasan belajar siswa MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pre-eksperimen dan one group pree test-post test design. Sampel penelitian berjumlah 6 siswa dari 30 populasi siswa kelasVII-4 MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pembagian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) efektif dalam mereduksi kecemasan belajar pada siswa MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh dari kategori tinggi sebelum diterapkan teknik REBT mejadi menjadi kategori rendah sesudah penerapan teknik REBT. Hal ini diperkuat dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan nilai thitung 14,209 > ttabel 2,015 dengan derajat kebebasan (df) n-1=6-1=5 yang menunjukkan bahwa terdapat teknik konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) efektif dalam mereduksi kecemasan belajar pada siswa MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Konseling REBT, Kecemasan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ulyatun Nisa
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:32
Last Modified: 08 Aug 2025 03:32
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47165

Actions (login required)

View Item
View Item