Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah

Riska, 210206102 (2025) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 8 (2): 11. pp. 538-548. ISSN 2621-2838

[thumbnail of Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah] Text (Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah)
Riska, 210206102 (2025).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (650kB)

Abstract

Perubahan kebijakan kurikulum nasional dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka menuntut kesiapan dan adaptasi strategis dari satuan pendidikan, khususnya dalam aspek kepemimpinan. Gaya kepemimpinan partisipatif dipandang relevan dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum ini karena menekankan pada kolaborasi, keterlibatan guru, dan pengambilan keputusan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah serta menguji pengaruhnya terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Aceh Besar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner Likert kepada 27 responden yang terdiri atas guru dan kepala madrasah. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dinyatakan layak. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan partisipatif berada dalam kategori "Efektif" (80,2%), sementara implementasi Kurikulum Merdeka tergolong "Cukup Efektif" (78,7%). Namun, hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan partisipatif tidak berpengaruh signifikan terhadap implementasi kurikulum (thitung 2,009 < ttabel
2,060; p > 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat faktor-faktor lain yang lebih dominan dalam menentukan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah.
Kata Kunci : Kepemimpinan Partisipatif; Kurikulum Merdeka; Implementasi Kebijakan

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riska Riska
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:01
Last Modified: 11 Aug 2025 03:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47243

Actions (login required)

View Item
View Item