Penerapan Metode Nature Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI

Jarah Mutia, 210209109 (2025) Penerapan Metode Nature Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Nature Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI] Text (Penerapan Metode Nature Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI)
SKRIPSI JARAH MUTIA (SIAP).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Nature Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI] Text (Penerapan Metode Nature Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran seharusnya siswa terlibat aktif salah satunya pada pembelajaran IPAS, harus dirancang sesuai kebutuhan siswa untuk memahami materi dengan baik. Namun, yang peneliti temukan saat pembelajaran IPAS kelas V pembelajaran masih didominasi satu arah didalam kelas Siswa tampak pasif, bingung ketika diminta membuat rantai makanan dan tidak dapat menjelaskan hubungan antara makhluk hidup di alam. Hal ini berdampak hasil belajar siswa rendah. Sehingga, perlu perbaikan melalui tindakan agar meningkatkan hasil belajar. Maka, peneliti meneliti tentang penerapan metode nature learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD/MI dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pengumpulan data melalui tes, observasi aktivitas guru dan siswa serta data dianalisa sesuai persentase kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Maka, hasilnya siklus I aktivitas guru sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Sedangkan siklus II sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,25% dengan kategori cukup. Sedangkan, siklus II sebesar 93,25% dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 50% dengan kategori cukup sehingga belum dikatakan tuntas. Sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 87,6% dengan kategori sangat baik sehingga dikatakan tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa metode nature learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD N Kuta Pasie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jarah Mutia
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:53
Last Modified: 11 Aug 2025 07:53
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47266

Actions (login required)

View Item
View Item