Fitry Lukis, 210209132 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
FITRY LUKIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
FITRY LUKIS - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan interaksi anatar siswa dengan guru dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPAS di kelas V MIN 22 Aceh Besar. Realita di lapangan menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil siswa yang aktif saat proses pembelajaran, sedangkan sebagian besar lainnya asik sendiri dengan kegiatan yang lain. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan menarik untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa salah satunya model Problem Based Learning yang berbantuan media cerita bergambar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media cerita bergambar di MIN 22 Aceh Besar ; (2) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media cerita bergambar di MIN 22 Aceh Besar; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media cerita bergambar di MIN 22 Aceh Besar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang disebut juga dengan Penelitian Tindakan Kelas. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dan tes. Data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh: (1) Aktivitas guru Siklus I mencapai 76,92% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93,30% dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa Siklus I mencapai 73,07% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90,38% dengan kategori sangat baik; (3) Hasil belajar siswa Siklus I mencapai 53,57%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa MIN 22 Aceh Besar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fitry Lukis |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:09 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 08:09 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47299 |
