Penerapan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Media Roda pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya

Refina Auliyanti, 150209106 (2021) Penerapan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Media Roda pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Media Roda pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya] Text (Penerapan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Media Roda pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya)
Refina Auliyanti FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Media Roda pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya] Text (Penerapan Model Somatic Auditory Visual and Intellectual Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Media Roda pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya)
Refina Auliyanti 1-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran selalu berkaitan dengan model pembelajaran yang digunakan.
Model pembelajaran sangat berperan penting dalam kegiatan pembelajaran dari awal
sampai akhir dan didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik.
Guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat karena dilihat dari
rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas
guru, aktivitas siswa, dan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model
Somatic Auditory Visual and Intellectual untuk meningkatkan komunikasi matematis
dengan media roda pada pembelajaran matematika kelas IV MIN 14 Aceh Barat
Daya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan pada kelas
IV dengan subjek 16 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes, sedangkan teknik analisis data penelitian
menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah
ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru pada
siklus I yaitu 62%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 85%, dan pada siklus III
semakin meningkat yaitu 96%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu
60%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 82%, dan pada siklus III semakin
meningkat yaitu 91%. Hasil komunikasi matematis siswa meningkat pada siklus I
dengan nilai persentase 66,40%, pada siklus II nilai persentase meningkat menjadi
78,51%, namun secara klasikal belum tuntas dan pada siklus III terus mengalami
peningkatan menjadi 89,06% dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa penerapan Somatic Auditory Visual and Intellectual
dengan media roda dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan
komunikasi matematis siswa kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya.
Kata Kunci: Model Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI), Media Roda,
Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Refina Auliyanti
Date Deposited: 14 Aug 2025 09:27
Last Modified: 14 Aug 2025 09:27
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47395

Actions (login required)

View Item
View Item