Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Prodi Bimbingan Konseling

Rizkatul Alya, 210213036 (2025) Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Prodi Bimbingan Konseling. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 5 (2): 41. pp. 722-730. ISSN 2797-3344

[thumbnail of membahas tentang Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Akademik] Text (membahas tentang Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stres Akademik)
Rizkatul Alya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akademik akibat berbagai tekanan seperti penyusunan skripsi, beban tugas akhir, dan tuntutan kelulusan tepat waktu. Stres akademik ysang tidak tertangani dengan baik dapat berdampak pada kesehatan mental, motivasi belajar, hingga penurunan performa akademik. Salah satu faktor yang diyakini berperan dalam menurunkan tingkat stres akademik adalah dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 yang berjumlah 62 orang, sehingga penelitian ini bersifat populatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala stres akademik dan skala dukungan sosial, serta dianalisis menggunakan uji korelasi pearson setelah asumsi normalitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat kuat dan signifikan antara dukungan sosial dan stres akademik (r = -0,988; p < 0,001). Semakin tinggi dukungan sosial yang diterima mahasiswa, semakin rendah tingkat stres akademik yang mereka alami. Temuan ini memperkuat teori bahwa dukungan sosial, baik secara emosional, instrumental, maupun informasional, berperan penting dalam menjaga kesejahteraan psikologis mahasiswa tingkat akhir.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizkatul Alya
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:44
Last Modified: 12 Aug 2025 07:55
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47404

Actions (login required)

View Item
View Item