Analisis Soft Skill Siswa Dalam Implementasi Kegiatan Storytelling di MIN 20 Aceh Besar

May Sarah, 200503083 (2025) Analisis Soft Skill Siswa Dalam Implementasi Kegiatan Storytelling di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Soft skill, Komunikasi, Storytelling] Text (Soft skill, Komunikasi, Storytelling)
Maysarah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Soft skill, Komunikasi, Storytelling] Text (Soft skill, Komunikasi, Storytelling)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis soft skill siswa dalam implementasi kegiatan bercerita (storytelling) di perpustakaan MIN 20 Aceh Besar. Adapaun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana soft skill siswa dalam implementasi kegiatan bercerita (storytelling) di perpustakaan MIN 20 Aceh Besar dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana soft skill siswa dalam implementasi kegiatan bercerita (storytelling) di perpustakaan MIN 20 Aceh Besar dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar siswa menunjukkan peningkatan dalam hal kepercayaan diri untuk tampil dalam kegiatan storytelling di perpustakaan, dengan kemampuan penggunaan intonasi dan ekspresi yang semakin baik, serta keterampilan dalam menyampaikan alur cerita secara runtut yang tampak semakin berkembang. Selain itu, siswa yang semula menunjukkan sikap pemalu mulai menunjukkan perubahan sikap menjadi lebih percaya diri seiring dengan berlangsungnya kegiatan storytelling. Tahap pelaksanaan dalam kegiatan storytelling dilaksanakan setiap sekali dalam seminggu yaitu pada hari rabu pagi, setiap siswa diberikan waktu sekitar 10-15 menit sebelum proses pembelajaran dimulai. Jenis softskill siswa yang dihasilkan melalui kegiatan storytelling yaitu mampu berkomunikasi dengan baik dan berfikir kreatif. Faktor pendukung utama dalam keberhasilan kegiatan storytelling ini yaitu motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri dan dukungan dari guru serta kepala sekolah. faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini mencakup kurangnya waktu untuk melakukan kegiatan storytelling secara rutin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Maysarah Maysarah
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:09
Last Modified: 12 Aug 2025 07:09
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47413

Actions (login required)

View Item
View Item