Miftahul Mau’izhah, 210201140 (2025) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Haji Kelas V MIS Qur’anic Character Ar-Rasyid. Jurnal Tarbawi: Pendidikan Agama Islam, 10 (2). ISSN 2622-920X (Submitted)
Artikel Miftah_merged.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan peserta didik, dengan fokus pada keseimbangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Materi ibadah haji di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sering dianggap sulit karena kompleksitas urutannya. Metode ceramah yang dominan dalam pengajaran tidak efektif, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih interaktif. Penelitian ini menganalisis penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran materi haji di kelas V MIS Qur’anic Character Ar-Rasyid. Metode ini memungkinkan guru memperagakan tahapan ibadah haji secara langsung, sehingga siswa dapat mengamati dan mempraktikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi meningkatkan pemahaman siswa terhadap urutan dan makna ibadah haji, serta mendorong keterlibatan aktif mereka dalam proses belajar. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan alat peraga dan waktu, evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya kesiapan guru, ketersediaan media, dan desain kegiatan yang sistematis untuk keberhasilan metode demonstrasi. Dengan demikian, penerapan metode ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran fiqih yang lebih efektif dan menyenangkan, serta memperkuat pemahaman karakter religius siswa.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Miftahul Mau’izhah |
| Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:55 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 04:55 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47417 |
