Implementasi dan Efektivitas Program Akselerasi Membaca Al-Qur’an Pada SD Negeri 19 Sabang

Istinawati Muhammad Husien, 221003052 (2025) Implementasi dan Efektivitas Program Akselerasi Membaca Al-Qur’an Pada SD Negeri 19 Sabang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi dan Efektivitas Program Akselerasi Membaca Al-Qur’an] Text (Implementasi dan Efektivitas Program Akselerasi Membaca Al-Qur’an)
Istinawati Muhammad Husien, 221003052, PASCA, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Implementasi dan Efektivitas Program Akselerasi Membaca Al-Qur’an] Text (Implementasi dan Efektivitas Program Akselerasi Membaca Al-Qur’an)
Istinawati Muhammad Husien, 221003052, PASCA, PAI-1-36.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan kaidah tajwid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan efektivitas program akselerasi membaca Al- Qur’an Pada SD Negeri 19 Sabang. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Guru PAI di SD Negeri 19 Sabang mengimplementasikan program akselerasi membaca Al-Qur’an secara sistematis melalui latihan intensif, metode talaqqi dan drilling, serta pendampingan personal bagi siswa yang mengalami kesulitan. Media pembelajaran audio-visual digunakan untuk memperjelas makharijul huruf dan hukum tajwid, sementara latihan rutin di rumah dengan dukungan orang tua serta evaluasi berkala memastikan perkembangan siswa. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an, meskipun hasilnya bervariasi tergantung pemahaman awal dan konsistensi latihan. Sebagian besar siswa mengalami peningkatan signifikan dalam tajwid dan fashahah, namun beberapa masih memerlukan bimbingan tambahan. Dukungan guru, metode interaktif, serta peran orang tua menjadi faktor pendukung utama keberhasilan program ini. Siswa menunjukkan peningkatan dalam fashahah, makharijul huruf, dan penerapan tajwid, meski tantangan dalam konsistensi bacaan tetap ada, sehingga pendampingan berkelanjutan tetap diperlukan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Istinawati Muhammad Husien
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:28
Last Modified: 13 Aug 2025 02:28
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47447

Actions (login required)

View Item
View Item