Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di PAUD Ceria Sabena Kids II Aceh Besar

Raihana Fitri, 170210111 (2023) Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di PAUD Ceria Sabena Kids II Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Show and Tell, Kemampuan Berbicara Anak] Text (Show and Tell, Kemampuan Berbicara Anak)
Raihana Fitri, 170210111,FTK, PIAUD, 082161061081.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Show and Tell, Kemampuan Berbicara Anak] Text (Show and Tell, Kemampuan Berbicara Anak)
Raihana Fitri, 170210111,FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil observasi di PAUD Ceria Sabena Kids II, ditemukan fakta bahwa kemampuan berbicara anak kelompok B di PAUD Ceria Sabena Kids II, belum berkembang ditandai dengan 10 dari 26 anak kesulitan untuk menjawab pertanyaan guru mengenai pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, anak masih terbata-bata menjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman sebanyanya serta anak tidak terlibat dalam percakapan yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dan anak cenderung tidak suka berteman. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode show and tell terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di PAUD Ceria Sabena kids II Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan design penelitian one group pretest posttes design. Jumlah populasi 46 anak, sampel 10 anak dengan menggunakan teknik purposive sampling . Hasil penelitian diperoleh nilai pretest dan post-test, yaitu pada kelas pretest diperoleh nilai 61,50, dan posttes 71,50% serta perolehan nilai signifikansi (Sig) uji normalitas pada pretest adalah 0,051 > 0,05 dan pada posttest 0,008 > 0,05 dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Serta perolehan nilai thitung > ttabel yaitu 5 > 1,3311 dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya adanya pengaruh penerapan metode show and tell terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di PAUD Ceria Sabena kids II Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Raihana Fitri
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:48
Last Modified: 19 Aug 2025 03:48
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47590

Actions (login required)

View Item
View Item