Ridha Mukhlisa Amir, 170211028 (2023) Analisis Penerapan Modul Pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI SMKN 1 Lhoknga. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ridha Mukhlisa Amir, 170211028, FTK, PTE, 082277153426.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Ridha Mukhlisa Amir, 170211028, FTK, PTE, 082277153426. Cover-Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan terlihat bahwa banyak peserta didik yang masih terhambat dalam mempelajari materi pembelajaran instalasi penerangan listrik, hal ini dikarenakan kurangnya bahan ajar dan buku yang tersedia. Buku yang ada merupakan buku lama sehingga materinya sulit dicerna peserta didik. Salah satu solusinya yaitu penerapan modul pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Modul ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi
pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil tes penerapan modul pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, dan mengetahui hasil angket respon peserta didik terhadap modul pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain kuasi eksperimen dengan jenis eksperimen one group pretest-postest design. Jenis eksperimen ini hanya menggunakan satu kelompok dengan tujuan untuk mencari perlakuan tertentu terhadap orang lain dalam kondisi dikendalikan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pre-test, post-test dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre-test nilai rata-rata peserta didik 62.49 dan pada post-test nilai rata-rata peserta didik 76.25. Sedangkan hasil angket menunjukkan respon yang positif dari peserta didik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 87.1% dan kategori persentase respon peserta didik dijabarkan sangat tinggi sehingga disimpulkan modul menggunakan pendekatan saintifik ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Ridha Mukhlisa Amir |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:27 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 03:27 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47675 |
