Suci Ning Trisnawati, 210212026 (2025) Perancangan Media Komik Digital Interaktif Untuk Pembelajaran Desain Grafis Percetakan Di SMKN 5 Telkom Banda Aceh. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 07 (04). pp. 1-12. ISSN e-ISSN : 2684-9151 (Submitted)
Suci Ning Trisnawati-210212026, FTK, PTI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Kemajuan teknologi digital menuntut hadirnya media pembelajaran yang inovatif dan menarik, khususnya dalam konteks pendidikan kejuruan. Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran komik digital interaktif pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 5 Telkom Banda Aceh, sebagai respons terhadap rendahnya pemanfaatan media interaktif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang dibatasi pada tahap pengembangan dan validasi oleh ahli. Media dikembangkan menggunakan platform Scratch, yang memungkinkan integrasi animasi, navigasi, suara, dan elemen interaktif dalam satu media pembelajaran yang dinamis dan kontekstual. Hasil validasi oleh dua ahli media dan dua ahli materi menunjukkan rata-rata skor sebesar 92,5% dan 96,5% dengan kategori “Sangat Setuju”, menunjukkan kelayakan media dari aspek isi, desain, dan interaktivitas. Keunikan penelitian ini terletak pada penggunaan Scratch sebagai platform pengembangan komik digital interaktif, yang masih jarang digunakan dalam pembelajaran kejuruan. Dibandingkan dengan platform lain yang bersifat statis atau hanya fokus pada desain visual pasif, Scratch memberikan fleksibilitas lebih dalam membangun logika interaksi dan navigasi, sehingga dapat mendorong keterlibatan aktif siswa. Dampak pendidikan yang di-harapkan dari media ini meliputi peningkatan motivasi belajar, pemahaman konsep, serta literasi digital siswa SMK. Namun, penelitian ini terbatas pada tahap validasi dan belum mencakup uji coba langsung di kelas, sehingga efektivitas media dalam pembelajaran nyata belum dapat dipastikan. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji dampak media terhadap hasil belajar melalui implementasi kelas serta mengeksplorasi potensi integrasi teknologi tambahan seperti Augmented Reality untuk memperluas interaktivitas.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Suci Ning Trisnawati |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:14 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 02:14 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47685 |
