Khansa Tsabita, 210212049 (2025) Perancangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Monumen Bersejarah Menggunakan Metode Marker Based Tracking. JTIM: Jurnal Teknologi informasi dan Multimedia, 07 (04). pp. 1-20. ISSN 2684-9151 (Submitted)
JOURNAL KHANSA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Kemajuan Teknologi informasi yang sangat signifikan di masa sekarang membawa banyak manfaat diberbagai bidang, terutama pada bidang pendidikan. Dalam dunia Pendidikan kemajuan teknologi dapat diimplemetasikan sebagai media pembelajaran. Monumen bersejarah merupakan salah satu materi pembelajaran sangat menarik untuk diajarkan kepada siswa, akan tetapi, minimnya ketersediaan akses dan informasi mengenai monumen bersejarah menjadi kendala utama dalam memperkenalkan warisan budaya lokal maupun internasional kepada siswa. Informasi yang tersedia masih bersifat umum seperti buku atau sumber daring yang kurang menarik secara visual dan kurang didukung oleh media interaktif. Selain itu, tidak semua sekolah memiliki sarana yang memungkinkan siswa untuk mengenal langsung situs sejarah, baik melalui kunjungan fisik maupun virtual. Penelitian ini bertujuan guna merancang sebuah media pembelajaran monumen bersejarah berbasis augmented reality (AR) menggunakan metode marker based tracking. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan tahapan pelaksaan yang dapat dilakukan secara tidak berurutan, tahapan meliputi tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian berupa augmented reality book yang memuat materi tentang monumen bersejarah, barcode/ QR code, dan marker AR didalamnya. Validasi akan dilakukan melalui uji coba black box dan sudah dinyatakan berhasil secara keseluruhan. Selain itu penilaian terhadap augmented reality book juga akan dilakukan oleh ahli materi memperoleh skor 92 dengan rata-rata 9,2, persentase 92% dan ahli media 93, dengan rata-rata 9,3, persentase 93%, keduanya memperoleh keterangan sangat baik. Hasil uji coba user pada 20 siswa kelas VIII-1 di salah satu MTSs di Aceh Besar menghasilkan skor 891, persentase 89,1% dengan keterangan sangat baik. Dengan demikian, augmented reality book ini dinyatakan berhasil dirancang serta dapat dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menyampaikan materi mengenai monumen bersejarah.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Khansa Tsabita |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:09 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 03:09 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47697 |
