Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mon Singet

Fitri Yanti, 210209108 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mon Singet. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mon Singet] Text (Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mon Singet)
skripsi_pipit_TERBARU_FIKS[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mon Singet] Text (Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mon Singet)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila, hal ini dibuktikan dari data hasil observasi hasil belajar siswa memperoleh hasil belajar yang belum optimal yaitu di bawah KKTP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah diimplementasikan model talking stick berbantuan media kartu gambar pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SDN Mon Singet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase analisis data aktivitas guru dan siswa serta analisis data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh nilai 71,25% kategori baik sekali dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,75% kategori baik sekali. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 76,25% kategori baik sekali, meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kategori baik sekali. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai 43,75% dengan kategori tidak tuntas yang dicapai oleh 7 siswa, dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,25% dengan kategori tuntas yang dicapai oleh 13 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model talking stick berbantuan media kartu gambar pada pembelajaran pendidikan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Mon Singet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Yanti
Date Deposited: 19 Aug 2025 05:26
Last Modified: 19 Aug 2025 05:26
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47716

Actions (login required)

View Item
View Item