Perancangan Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) Berbasis Millealab Pada Materi Haji Dan Umroh Di SMPN 4 Salang

Faradila Animra, 210212004 (2025) Perancangan Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) Berbasis Millealab Pada Materi Haji Dan Umroh Di SMPN 4 Salang. JATI: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 09 (05). pp. 7939-7948. ISSN 2598-828X

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) Berbasis Millealab Pada Materi Haji Dan Umroh Di SMPN 4 Salang] Text (Perancangan Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) Berbasis Millealab Pada Materi Haji Dan Umroh Di SMPN 4 Salang)
14839-Article Text-63316-1-10-20250727.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan dampak besar terhadap transformasi dalam bidang pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya topik Haji dan Umroh di SMPN 4 Salang, terdapat keterbatasan media interaktif yang dapat menyajikan materi secara visual dan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Virtual Reality berbasis MilleaLab untuk pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE, yang mencakup tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas IX dan menggunakan pendekatan pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest.Hasil validasi menunjukkan media memperoleh skor sangat baik dari ahli media 98,3% dan ahli materi 95%. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pada skor siswa, dari nilai awal sebesar 70,47 menjadi 86,47 setelah mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai signifikansi sebesar B0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Sementara itu, nilai N-Gain sebesar 0,56 menunjukkan kategori sedang, sehingga efektivitas media pembelajaran dapat diklasifikasikan dalam tingkat cukup efektif.Respon siswa juga sangat positif, dengan nilai 90,23%. Berdasarkan hasil tersebut, media layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Faradila Animra
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:41
Last Modified: 19 Aug 2025 08:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47753

Actions (login required)

View Item
View Item