Pengaruh Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 1 Rimo Aceh Singkil

Sastria Hartina Cibro, 210209166 (2025) Pengaruh Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 1 Rimo Aceh Singkil. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Metode Fun Learning, Hasil Belajar] Text (Metode Fun Learning, Hasil Belajar)
Sastria Hartina Cibro, 210209166, FTK, PGMI, 085668806470.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Metode Fun Learning, Hasil Belajar] Text (Metode Fun Learning, Hasil Belajar)
Sastria Hartina Cibro, 210209166, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar seringkali dianggap kurang menarik oleh peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan tidak melibatkan siswa secara aktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Banyak siswa merasa bosan, mudah mengantuk, dan kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran ini. Kondisi ini menjadi tantangan bagi guru untuk menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah metode Fun Learning, yaitu metode pembelajaran yang dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan melalui berbagai aktivitas menarik seperti ice breaking, game, dan bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Fun Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Rimo Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain True Experimental Design, khususnya pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Rimo Aceh Singkil, dengan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari independent sample t-test sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Fun Learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Rimo Aceh Singkil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sastria Hartina Ria
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:50
Last Modified: 19 Aug 2025 08:50
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47782

Actions (login required)

View Item
View Item