Perancangan Game Edukatif Tenses Match-Up Berbasisinteraktif Menggunakan Scratch Di MAS Darul Muta’allimin Blang Bintang

Salma Wati, 210212045 (2025) Perancangan Game Edukatif Tenses Match-Up Berbasisinteraktif Menggunakan Scratch Di MAS Darul Muta’allimin Blang Bintang. JURNAL TEKNIMIJIA: Teknologi Informasi dan Multimedia, 06 (02). pp. 1-8. ISSN e-ISSN: 2722-6271 (Submitted)

[thumbnail of Perancangan Game  Edukatif Tenses Match-Up Berbasisinteraktif Menggunakan Scratch Di MAS Darul Muta’allimin Blang Bintang] Text (Perancangan Game Edukatif Tenses Match-Up Berbasisinteraktif Menggunakan Scratch Di MAS Darul Muta’allimin Blang Bintang)
Hasil Revisi(salma wati).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman tenses dalam bahasa Inggris masih menjadi kendala umum bagi banyak siswa, termasuk di MAS Darul Muta’allimin Blang Bintang. Minimnya variasi metode pembelajaran menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa dalam memahami konsep gramatikal tersebut. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah game edukatif interaktif berjudul Tenses Match-Up berbasis Scratch, sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik dan komunikatif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang mencakup tahap perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Game dirancang dengan tiga mode utama, yaitu Drag the Tense, Sound and Sense, serta Pause and Sense, yang disesuaikan dengan empat jenis tenses utama: simple present, simple past, simple future, dan present perfect. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menilai kualitas visual, interaktivitas, serta kesesuaian isi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan masing-masing 91,66% dan 83,33%. Meskipun belum diuji kepada siswa secara langsung, hasil ini menunjukkan bahwa game edukatif Tenses Match-Up memiliki potensi untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris yang lebih menarik dan efektif di tingkat SMA.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Salma Wati
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:02
Last Modified: 19 Aug 2025 08:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47799

Actions (login required)

View Item
View Item