Encang Sarip Hidayat, 231003005 (2025) Pengembangan Video Animasi Pada Materi Şalat ‘Idayn Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Tesis Encang FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Tesis Encang sampai BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran pendidik hendaknya memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi digital yang cocok dan memberikan daya tarik bagi peserta didik misalnya video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan menganalisis efektivitas pengembangan media pembelajaran berupa video animasi pada materi şalat ‘idayn pelajaran fikih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah yang menghasilkan produk berupa video animasi. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip yang memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan (planning), desain (design), pengembangan (development). Model ini dianggap sesuai dengan penelitian dan pengembangan produk berbasis multimedia. Subjek penelitian ini adalah meliputi ahli materi dua orang, ahli media dua orang dan 23 orang peserta didik kelas IV-a MIN 1 Aceh Jaya. Analisis data penelitian ini pada aspek validitas dan kepraktisan menggunakan skala likert, bahwa media dikatakan layak apabila rata-rata penilaian minimal mendapatkan kriteria baik. Hasil penelitian pengembangan video animasi ini dinilai sangat layak dengan persentase 87% berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media; sangat praktis dengan persentase 97,93% berdasarkan hasil penilaian peserta didik; dan efektif berdasarkan uji efektifitas menggunakan analisis N-Gain dengan skor gain 0,58 termasuk kategori sedang berdasarkan 0,3 ≤ N-Gain ≤ 0,7. Maka penggunaan video animasi pada materi şalat ‘idayn efektif. Kesimpulannya video animasi pada materi şalat ‘idayn pelajaran fikih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Encang Sarip Hidayat |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 09:22 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 09:22 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47834 |
