Model Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Dengan Pendekatan Stem Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Almulk Rizka, 210209121 (2025) Model Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Dengan Pendekatan Stem Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (02). pp. 242-258. ISSN 2548-6950

[thumbnail of Talking stick, hasil belajar, pembelajaran Matematika, sekolah dasar.] Text (Talking stick, hasil belajar, pembelajaran Matematika, sekolah dasar.)
970_ALMULK+RIZKA,_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Falsh Card dengan pendekatan STEM . Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yaitu perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 01 Aceh Besar. Data penelitian diperoleh dari Teknik obeservasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatakan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan ,menggunakan Model talking stick berbantuan media flash Card dengan pendekatan STEM. Peningkatan aktivitas belajar ditinjau dari aktivitas guru dan peserta didik. Hasilnya, terjadi peningkatan aktivitas guru dari 75,02% pada siklus I menjadi 85,7% pada siklus II. Lebih lanjut, peningkatan aktivitas belajar juga terjadi pada peserta didik yaitu meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Disisi lain, peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik adalah 60,8% pada siklus I meningkat 82,6% pada siklus II. Berdasarkan hasiltersebut, maka Model talking stick berbantuan media flash Card dengan pendekatan STEM dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik di Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Almulk Rizka
Date Deposited: 19 Aug 2025 09:29
Last Modified: 19 Aug 2025 09:29
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47838

Actions (login required)

View Item
View Item