Penerapan Model Inside Outside Circle Berbantuan Media Papan Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh

Rona Rifqah, 210209073 (2025) Penerapan Model Inside Outside Circle Berbantuan Media Papan Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Inside Outside Circle BerbantuanMedia Papan Bangun Datar Untuk Meningkatkan HasilBelajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 69 BandaAceh] Text (Penerapan Model Inside Outside Circle BerbantuanMedia Papan Bangun Datar Untuk Meningkatkan HasilBelajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 69 BandaAceh)
RONA RIFQAH-210209073 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Penerapan Model Inside Outside Circle BerbantuanMedia Papan Bangun Datar Untuk Meningkatkan HasilBelajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 69 BandaAceh] Text (Penerapan Model Inside Outside Circle BerbantuanMedia Papan Bangun Datar Untuk Meningkatkan HasilBelajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 69 BandaAceh)
RONA RIFQAH-210209073.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh, saat prosespembelajaran matematika pada materi bangun datar, terlihat bahwa rendahnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran, serta masih banyak peserta didik yangmengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal- soal yang berkaitan dengan materiyang telah diajarkan. Kondisi ini berdampak langsung pada rendahnya hasil belajarpeserta didik. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model pembelajaran InsideOutside Circle berbantuan media papan bangun datar untuk meningkatkan hasilbelajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana aktivitas guru dalampenerapan model Inside Outside Circle berbantuan media papan bangun datar dikelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh? 2) Bagaimana aktivitas peserta dalampenerapan model Inside Outside Circle berbantuan media papan bangun datar dikelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh? dan 3) Bagaimana peningkatan hasil belajarpeserta didik dalam penerapan model Inside Outside Circle berbantuan mediapapan bangun datar di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh? Penelitian inimenggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam duasiklus. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi aktivitas guru 2)Observasi aktivitas peserta didik dan 3) Tes hasil belajar, dengan analisis datamelalui perhitungan persentase berdasarkan kriteria keberhasilan yang telahditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas guru meningkat dari73% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. 2) Aktivitas peserta didik jugameningkat dari 69,3% menjadi 89,76% pada siklus II. 3) Hasil belajar peserta didikmengalami peningkatan dari 62,5% (20 yang tuntas dari 32 peserta didik) padasiklus I menjadi 87,5% (28 yang tuntas dari 32 peserta didik) pada siklus II, dimanatelah tercapai ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwapenerapan model Inside Outside Circle berbantuan media papan bangun datarefektif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, serta hasilbelajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rona Rifqah
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:33
Last Modified: 20 Aug 2025 03:33
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47848

Actions (login required)

View Item
View Item