Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar

Nisa Ariyati, 210209015 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar)
NISA ARIYATI - 210209015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar)
NISA ARIYATI - 210209015 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (931kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa dalam matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD Negeri Monsinget Aceh Besar. Pembelajaran yang cenderung monoton dengan metode ceramah dan minimnya variasi model serta media menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran serta berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dianggap efektif Adalah model pembelajaran game based learning berbantuan media wordwall. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalampembelajaran IPAS menerapkan model game based learning berbantuan wordwall di kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPAS menerapkan model game based learning berbantuan wordwall di kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS menerapkan model game based learning berbantuan wordwall di kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalamdua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kels IV SDN Monsinget sebanyak 16orang. KKTP ditetapkan 68 dan ketuntasan klasikal 80%. Data yang diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitasguru meningkat dari 70,83% menjadi 89,58%, aktivitas siswa dari 68,22% menjadi87,5%, dan ketuntasan belajar dari 43,75% menjadi 87,5%, memenuhi standar ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran game based learning berbantuan wordwall terbukti mampu meningkatkan aktivitas guru,aktivitas siswa, dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Aryati
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:29
Last Modified: 20 Aug 2025 03:29
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47849

Actions (login required)

View Item
View Item