Kualitas Pelayanan Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh

Mely Anjasari, 210802014 (2025) Kualitas Pelayanan Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Aceh, Kualitas Pelayanan.] Text (Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Aceh, Kualitas Pelayanan.)
Mely Anjasari, 210802014, FISIP, IAN, 081253305167.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Aceh, Kualitas Pelayanan.] Text (Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Aceh, Kualitas Pelayanan.)
Mely Anjasari, 210802014, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh dengan menggunakan dimensi SERVQUAL yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, serta mengacu pada penerapan standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang No. 25 Tahun 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPMPTSP Aceh telah melakukan berbagai upaya signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, seperti renovasi gedung, penyediaan ruang tunggu yang nyaman, dan fasilitas komputer yang memadai. Prosedur pelayanan yang jelas dan transparan serta pelatihan berkelanjutan bagi petugas meningkatkan profesionalisme dan akurasi pelayanan. Keandalan pelayanan tercermin dari respons petugas yang profesional meskipun masih terdapat kendala teknis seperti ketidakstabilan aplikasi. Petugas juga menunjukkan sikap tanggap dan komunikatif, serta empati yang tinggi, sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat. Kendala utama yang masih perlu diperbaiki adalah ketersediaan tempat parkir untuk mendukung aksesibilitas. Secara keseluruhan, DPMPTSP Aceh berhasil menerapkan standar pelayanan publik secara efektif dengan fasilitas yang memadai, prosedur transparan, dan sumber daya manusia kompeten, didukung evaluasi berkala untuk peningkatan kualitas dan kepuasan pengguna layanan. Penelitian merekomendasikan perbaikan aspek teknis dan fasilitas pendukung agar pelayanan perizinan semakin optimal dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mely Anjasari
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:16
Last Modified: 22 Aug 2025 02:16
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47880

Actions (login required)

View Item
View Item