Monika Sri Devi, 200503040 (2025) Analisis Kualitas Website UPT Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Menggunakan Metode Webqual 4.0. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Monika Sri Devi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Monika Sri Devi - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Sebagai media utamadalam penyediaan layanan informasi digital, website perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam menjamin kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya, sehingga perlu mengetahui suatu kualitas website perpustakaan. Berkenaan dengan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas web site perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia berdasarkan metode WebQual 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia berdasarkan metode WebQual 4.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif yang digambarkan secara deksriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ubudiyah Indonesia yang sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan yang berjumlah 84 orang berdasarkan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia memperoleh nilai 3,08. Skor ini berada pada skala interval 2,83-3,43 yang menunjukkan bahwa persepsi pengguna masuk dalam ketegori “baik”. Hal ini didasari pada nilai rata-rata (mean) dari ketiga dimensi Webqual 4.0 berdasarkan nilai tertinggi. Pertama, dimensi kualitas penggunaan (quality usability) memperoleh nilai dengan kategori baik (skor 3,17). Kedua, dimensi kualitas informasi (quality information) memperoleh nilai dengan kategori baik (skor 3,08). Ketiga, dimensi kualitas interaksi pelayanan (service interaction quality) memperoleh nilai dengan kategori baik (skor 2,98). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas website perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia dinilai baik oleh mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science |
| Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
| Depositing User: | Monika Sri Devi |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:55 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 02:55 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47952 |
